Vivi Sumantri Jayabaya, S.Sos., M.Si : Warga Desa Penjaga Kearifan Lokal Bangsa

Lebak Gerbang Banten – Anggota MPR/DPR Fraksi Partai Demokrat Vivi Sumantri Jayabaya, S. Sos., M.Si menggelar kegiatan sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Desa Ciladaeun Kecamatan Lebak Gedong Kabupaten Lebak. Dalam kesempatan tersebut, Vivi mengapreasi sikap warga Desa yang tetap menjaga nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupan sehari-hari dimayarakat.

Warga Desa telah mempraktikkan cara hidup yang menjaga kelestarian alam serta menjaga toleransi sesama warga secara damai, rukun dan saling menghargai. Pada hakekatnya hal tersebut adalah praktik terbaik dari nilai-nilai 4 pilar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Ini harus terus dipelihara dan dilestarikan agar masyarakat Lebak tetap hidup sejahtera selaras dengan alam yang lestari. pesan Vivi pada acara Sosialisasi empat pilar tersebut.

Sebagai anggota komisi IV DPR RI, Vivi sangat konsen dengan kelestarian alam dan pembangunan desa yang berkelanjutan , Vivi juga menjelaskan bahwa nilai-nilai 4 pilar terus relevan dan mampu menjawab tantangan zaman. Hal itu terbukti ketika sejumlah negara di dunia saat ini ketakutan dengan efek dari pemanasan global (Global Warming) yang mengakibatkan perubahan suhu dan iklim yang tidak bisa diprediksi , Indonesia yang faktanya merupakan sebuah Negara kepulauan tetap kuat dan kokoh berdiri.

Dalam hidup berbangsa dan bernegara, 4 pilar harus menjadi acuan yang pokok. Terlebih, tiap-tiap daerah memiliki kearifan lokal yang beragam yang semuanya itu memperkaya khasanah dan pandangan anak-anak bangsa.

Kearifan lokal menurutnya adalah penyumbang terbesar dan paling pokok dari lahirnya empat pilar kebangsaan Indonesia.”Kearifan lokal merupakan kekayaan yang tidak bisa dinilai secara materi. Namun tumbuh dan berkembang dalam hidup keseharian yang mendorong terjadi harmonisasi sosial, harmonisasi lingkungan dan alam. Secara prinsip, keberadaan 4 pilar kebangsaan juga adalah untuk memperkuat dan mengokohkan harmonisasi sosial kebangsaan dalam menghadapi tantangan zaman,” pungkas Vivi

Pada kegiatan sosialisasi empat pilar sebagai narasumber hadir juga H. Ali Murtado, SH, anggota DPRD Kabupaten Lebak dari Fraksi Partai Demokrat. begitu juga sejumlah tokoh masyarakat Desa setempat, pengurus kelompok tani, karang taruna , pengurus DPC dan PAC Partai Demokrat dan sejumlah warga Desa Ciladaeun.(Handa)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *