Mengonsumsi Buah Nanas, Ini yang Terjadi pada Tubuhmu

Haluan Banten – Di Indonesia, mudah sekali menemukan buah nanas. Mengonsumsinya pun bisa kapan saja dan tak tergantung pada musim tertentu saja. Meski mungkin beredar soal sejumlah mitos berkaitan dengan buah nanas yang kurang baik dikonsumsi, kenyataannya buah nanas malah memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah nanas memiliki kandungan yang ternyata sangat baik untuk tubuh. Mulai dari membantu melangsingkan tubuh dan menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari buah nanas :

Membantu Melangsingkan Tubuh
Buah nanas mengandung bromelain yang dapat menstimulasi fungsi pencernaan dan membantu mengatasi selulit. Proses cerna protein pun bisa lebih cepat dan maksimal. Bila diimbangi dengan olahraga teratur, proses untuk menurunkan berat badan akan lebih cepat.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan bromelain dalam buah nanas juga bisa melindungi tubuh dari inflamasi. Mempercepat proses penyembuhan luka dan mengurangi rasa sakit. Kandungan vitamin C dalam buah nanas juga bisa melindungi tubuh dari masalah pembuluh darah dan membantu proses produksi kolagen di dalam tulang, otot, tulang rawan, dan pembuluh darah. Kesehatan jantung pun ikut terjaga dengan baik.

Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin A bisa bantu menjaga kesehatan mata. Kandungan beta karoten buah nanas juga bisa menjaga daya penglihatan ini. Mengonsumsi buah nanas secara rutin bisa bantu mengurangi risiko terkena degenerasi makular (macular degeneration).

Menjaga Kesehatan Tulang
Kalsium dan magnesium yang terkandung dalam nanas bisa menguatkan tulang. Minum segelas jus nanas bisa mencukupi 70% kebutuhan mangan per harinya.

Mencegah Stroke
Kandungan kalium dalam nanas bisa bantu menurunkan tekanan darah dan mencegah blood stroke. Selain itu juga bisa bantu melindungi diri terhindar dari infark miokard, yaitu kondisi terhentinya aliran darah dari arteri koroner pada area yang terkena yang menyebabkan kekurangan oksigen (iskemia) lalu sel-sel jantung menjadi mati(nekrosis miokard).

Membuat Awet Muda
Kaya akan kandungan mangan, buah nanas bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. Tahu sendiri kan kalau radikal bebas bisa menyebabkan penuaan dini? Nah, dengan mengonsumsi buah nanas, kamu bisa menjaga tubuh untuk lebih awet muda.

Menurunkan Gula Darah
Punya masalah dengan gula darah yang tinggi? Coba konsumsi nanas. Kandungan serat dalam buah nanas bisa bantu memperlambat proses penyerapan gula dan menurunkan gula darah dalam tubuh.

Itu tadi sejumlah manfaat yang bisa didapat oleh tubuh saat mengonsumsi buah nanas. Tapi buat yang memiliki maag atau lambung yang sensitif, perlu hati-hati saat mengonsumsinya, ya karena buah nanas juga memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Atau kalau punya penyakit tertentu dan ragu mengonsumsi buah nanas, periksakan diri dulu ke dokter.(irna)

 

Sumber : KapanLagi.com

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *