Presiden bertindak sebagai Inspektur upacara HUT TNI 72 di Merak

Haluan Banten-(CILEGON)Peringatan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat Merak, Cilegon, Banten harus ditunda selama 30 menit.Hal tersebut karena antusiame masyarakat Cilegon untuk menyaksikan HUT TNI yang menyebabkan terjadinya kemacetan menuju Dermaga Indahkiat.Kemacetan tersebut mengharuskan Presiden Joko Widodo turun dari mobil dan berjalan menuju dermaga sejauh 3 km.Presiden Jokowi berjalan sambil menyapa warga yang di dampingi oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian dan di sambut oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo serta pengawalan ketat oleh Paspampres, (5/10).

Jokowi tiba di lokasi pukul 08.30 WIB. Ia berdiri di sebelah Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan itu.

Hadir pula Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Para Mentri Kabinet Kerja serta Para undangan dan Perwakilan Negara sahabat.

Bertindak selaku Komandan upacara Letjen TNI Edy Rahmayadi yang juga menjabat sebagai Pangkostrad. HUT TNI kali ini mengambil tema “Bersama Rakyat TNI Kuat,”.

Dalam pidatonya, Presiden menyampaikan pesan Pahlawan Nasional Jenderal Soedirman tentang politik TNI.”Saya ingat pesan Jenderal Soedirman tentang jati diri TNI yang saya yakin sangat relevan sampai sekarang. Bahwa politik tentara politik negara, politik TNI adalah politik negara. Loyalitas TNI adalah loyalitas negara,” ujar Jokowi

Lebih lanjut, Jokowi berharap TNI menjadi angkatan bersenjata yang dapat disegani. Tak hanya tingkat nasional, namun di tingkat Asia.”Dengan penuh rasa bangga kita saksikan nantinya kehebatan angkatan bersenjata kita di hadapan kita semua. Dengan penuh optimis saya katakan TNI akan jadi angkatan bersenjata yang makin disegani oleh negara lain yang jadi kekuatan besar di regional Asia,” kata Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para prajurit TNI. Menurutnya, prajurit TNI sudah berkomitmen untuk menjaga keutuhan NKRI.”Terima kasih komitmen komitmen TNI memegang teguh sumpah komitmen. Terima kasih untuk dedikasi menjalankan tugas berat penuh risiko, terima kasih peran sentral TNI menjaga NKRI, Pancasila, dan kewibawaan negara,” tegasnya.

Parade dan defile pada HUT TNI kali ini berjumlah 5.932 orang. Komposisi pasukan terdiri dari Brigade Upacara I Gabungan, Brigade Upacara II Akademi TNI, Brigade Upacara III TNI AD, Brigade Upacara IV TNI AD, Brigade Upacara V TNI AL, Brigade Upara VI TNI AU, Batalyon Upacara PNS.

Dalam acara HUT TNI kali ini dimeriah kan dengan derama kolosal perjuangan Jendral Soedirman di masa lampau saat mempertahankan Republik Indonesia dari Belanda yang melancarkan Agresi Militer 11 di Yogyakarta dimana peran dari Jendaral Soedirman diperankan langsung oleh cucu Jendral Soedirman yaitu Danang Priambodo Sudirman.

Acara kemudian dilanjutkan dengan demonstrasi pencak silat yang melibatkan 1.800 prajurit, halang rintang laut gabungan, terjunfree fallgabungan, terjun statik laut gabungan,dsm Jupiter Aerobic team.

Selain itu ada demo alutsista dari tiga matra TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara.(tarigan)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *