Festival Golok Day Cilegon 2018 Berlangsung Meriah

CILEGON(Haluan Banten)- Ribuan warga kota Cilegon yang tergabuang dalam Peguron dan Organisasi Pencak Silat mengikuti Pawai kegiatan Golok Day, Minggu (6/5/2018). Kegiatan ini sebagai bagian dari rangkaian HUT Kota Cilegon ke-19.

Start Pawai pukul 06.30 wib dari Rumah dinas Walikota Cilegon dan Finish di Alun-alun Kota Cilegon, antara lain diikuti oleh Kadis Pariwisata Provinsi Banten H.Deden Apriandhi, Ketua IPSI Banten Ajat Sudrajat, Plt. Walikota Cilegon H.Edi Ariadi beserta unsur Forkompinda serta sejumlah pesilat dari Cilegon dan luar kota Cilegon.

Ketua IPSI Cilegon Muharam Koto menyatakan, kegiatan Golok Day rutin digelar setiap tahun dimulai tahun 2015 sampai sekarang 2018 sudah 4 kali Event ini dilaksanakan dan selalu menjadi daya tarik masyarakat.
“Sejarah kegiatan Golok Day tidak terlepas dari ribuan pendekar yang ikut serta dalam memeriahkan Event ini, bahkan pada tahun 2016 kegiatan ini mendapat Rekor MURI dalam jumlah peserta yang ikut”, katanya.

Muharam melanjutkan, Festival Golok Day merupakan ajang silaturahmi antar Pendekar se-Banten, bahkan tahun ini juga diikuti oleh pesilat mancanegara.
“Tahun ini ada sejumlah Pesilat dari Luar negeri yang ikut serta memeriahkan Golok Day antara lain dari Swiss, Francis, Amerika dan Ukraina yang tergabung dalam Padepokan Panglipur Garut Jawa Barat pimpinan Cecep Rahman salah seorang bintang film The Raid”, ungkapnya.

Sementara itu Kadis Pariwisata Provinsi Banten H.Deden Apriandhi membacakan sambutan dari wakil Gubernur Banten mengatakan, meminta agar Event Golok Day lebih diperluas agar dapat diketahui oleh masyarakat.
“Atas nama Pemerintah Provinsi kami mengapresiasi kegiatan ini semoga kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi, agar bisa di kenal khalayak ramai, sebab Event ini satu-satunya di Banten”, katanya.

Deden melanjutkan, Banten yang dikenal sebagai tanah jawara telah eksis dalam melestarikan budaya sehingga dikenal luas oleh Provinsi lain, bahkan sampai ke mancanegara.
“Sebagai warga Banten yang taat akan pelestarian budaya, Golok Day ini berhasil menyita perhatian publik. kami mendapat informasi selain diikuti Peguron dan Pesilat dari Banten juga dari Negara sahabat, dengan demikian maka Golok Day dipastikan akan dikenal luas”, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Plt.Walikota Cilegon H.Edi Ariadi mengatakan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara Golok Day tahun ini, semoga menjadi tolak ukur untuk melestarikan budaya di Kota Cilegon, terbukti dengan antusiasme masyarakat Kota Cilegon yang luar biasa untuk menyaksikan acara Festival tahunan ini.
“Saya sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acaraini, agar menjadi tolak ukur untuk melestarikan budaya, ini dibuktikan dengan begitu antusiasmenya masyarakat untuk menyaksikan acara Festival tahunan ini”, katanya.

Lanjut Edi Festival Golok Day Tahun 2018 adalah penyelenggaraan yang ke 4 kalinya, seraya mengenang awal mula diadakanny Festival Golok Day tidak terlepas dari peran serta dan ide dari almarhum Tb.Aat Syafa’at walikota pertama Kota Cilegon.
“Kita harus berterima kasih kepada walikota pertama Kota Cilegon almarhum Bapak Tb.H.Aat Syafa’at, karena berkat beliulah acara Festival Golok Day diadakan”, lanjutnya.(Mr)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *