SMA Negeri 1 Bandung Terapkan Pendidikan Karakter

SERANG – Pendidikan bukan sekedar knowledge transfer. Tapi, juga soal pembentukan karakter terhadap peserta didik.

Pendidikan karakter ini pulalah yang jadi satu dari program unggulan yang digalakkan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri1 Bandung Kabupaten Serang.

“Pendidikan karakter sangat penting bagi anak-anak siswa-siswi peserta didik. Terutama sebagai bekal untuk kehidupan yang sebenarnya,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Bandung Istiadi, S.Pd.

Pendidikan karakter ini, tercermin dalam berbagai bentuk program di sekolah di Jalan Cikande Bandung ini. Satu yang cukup dominan di antaranya adalah pembentukan lingkungan sekolah yang mendukung.

Dalam rutinitas proses belajar mengajar sehari-hari pun lingkungan sekolah diupayakan sekondisional mungkin untuk mendukung pendidikan karakter.

Sebelum memulai pelajaran, siswa diajak bersama-sama melantunkan asmaul husna. Saat berpapasan dengan para guru, siswa diajarkan untuk sopan santun seperti dengan menyalami guru dengan adat ketimuran, dan lain sebagainya.

“Dengan demikian, kami berharap anak-anak didik kami akan punya karakter mulia. Sehingga menjadi bekal yang sangat baik di kehidupan bermasyarakat yang sesungguhnya,” pungkasnya.

Sementara itu SMA Negeri 1 Bandung setiap hari Jumat menerapkan Jumat bersahabat “bersih bersama, sehat dan kuat” ujar Kepala Sekolah berprestasi tingkat Provinsi Banten ini.

Selain itu juga di laksanakan kegiatan pendidikan penguatan karakter bangsa, pembinaan antar siswa, tausiah, penggalangan indah seribu untuk pembangunan masjid, dan penataan taman sekolah untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, asri, hijau dan menyenangkan.

SMA Negeri 1 Bandung yang mempunyai moto “Cerdas dan Berakhlak Mulia” juga melaksanakan istilah Original “obrolan ringan berbagi dan pengenalan/sharing antar warga sekolah” dan menerapkan manajemen berbasis sekolah (MBS) juga melaksanakan semboyan “Ing Ngarso Sung Tulodho Ing Madyo Mangun Karso Tutwuri Handayani”  semboyan dari Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantoro. (JON)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: