Pemerintah Kota Serang Siap Lakukan Vaksinasi Covid 19

SERANG,(Haluan Banten) – Pemerintah Kota (pemkot) Serang melalui Dinas Kesehatan Kota Serang telah menjadwalkan vaksinasi Covid-19 tahap dua pada awal Maret 2021. Vaksinasi Covid-19 tahap dua diprioritaskan untuk lansia, penegak hukum, hingga pelayan publik.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang M Ikbal mengatakan, vaksinasi Covid-19 tahap dua di Kota Serang akan dimulai pada 1 Maret 2021 hari ini dengan jumlah peserta vaksin diperkirakan mencapai 12.300 orang.
“Khusus untuk lansia jumlahnya sekitar 2.300 orang dan pelayanan publik sekitar 10.000 lebih,” kata Ikbal saat menemani Walikota Serang di vaksinasi di RSUD Kota Serang, Senin (1/3)
Menurut M Ikbal, Dinas Kesehatan Kota Serang telah mengeluarkan surat dengan nomor 443/754/Dinkes/II/2021 perihal Jadwal Vaksinasi Covid-19. Dalam surat tersebut disebutkan daftar peserta vaksin Covid-19 akan diberikan vaksin selama 1-16 Maret 2021.
Adapun lokasi vaksinasi Covid-19, sebagainana pada vaksinasi tahap kesatu, dilakukan di 33 fasilitas pelayanan kesehatan di Kota Serang yang sudah ditunjuk Dinas Kesehatan Kota Serang. Ke-33 faskes itu terdiri dari 16 puskesmas, sembilan klinik swasta, dan delapan rumah sakit.

Dalam surat yang beredar itu, vaksinasi tahap dua akan dimulai dengan vaksinasi yang ditujukan untuk Walikota Serang, Wakil Walikota Serang, Ketua DPRD Kota Serang, para Wakil Ketua DPRD Kota Serang, Kepala Kejari, Kepala Pengadilan Negeri Serang, Kepala Kemenag Kota Serang, Sekda, para Asda, sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota Serang, Dandim Serang, dan Kapolres Serang Kota. Para pejabat eselon II akan divaksin di RSUD Kota Serang sementara para polisi akan divaksin di RS Bhayangkara milik Polda Banten.
Untuk persiapan, Dinkes Kota Serang sudah membuat jadwal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk pegawai di lingkungan Pemkot Serang dan instansi vertikal.
“Prinsipnya sangat siap melaksanakan vaksinasi tahap kedua untuk pelayan publik. ASN, jajaran legislatif, masyarakat katagori lansia, instansi vertikal, termasuk jurnalis,” ujar Ikbal.
Ikbal menerangkan, Pemerintah Provinsi Banten sudah mengirimkan 3.580 vial vaksin buatan Sinovac.
“Kemasan satu vial diperuntukkan untuk sembilan orang,” kata Ikbal.

Sementara itu, setelah dua kali gagal, akhirnya Walikota Serang bisa Disuntik Vaksin Covid-19, ia pun mengungkap kunci keberhasilan dirinya, yakni istirahat.
“Ya, ternyata setelah saya amati, ternyata kuncinya harus istirahat dulu sehari sebelum penyuntikan vaksin,” akunya.

Syafruddin menambahkan, hari libur kemarin dia gunakan untuk istirahat dan ga makan rabeg apalagi durian, sehingga tensi darahnya normal.
“Kalau saya kemarin makan rabeg dan duren, pasti akan naik lagi tensi darahnya,” jelasnya

Walikota Serang  disuntik vaksin oleh dokter spesialis penyakit dalam RSUD Kota Serang.
Setelah disuntik vaksin Syafruddin mengaku tidak merasakan apa-apa. Untuk itu ia menghimbau kepada masyarakat Kota Serang agar tidak takut untuk disuntik vaksin.
“Ini saya sebagai kepala daerah membuktikan sendiri, bahwasannya vaksin Covid-19 itu aman,” jelasnya.(trg)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: