Dindikbud Kota Serang Gelar Workshop Teater Guna Kembangkan Kesenian Ubrug

KOTA SERANG, (Haluanbanten.co.id) – Guna melestarikan kesenian tradisional teater, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang melalui Bidang Kebudayaan melaksanakan kegiatan Workshop Teater.

Kegiatan Workshop Teater tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Drs. Alpedi, M.Pd di Aula Hotel Wisata Baru. Kamis, (25/11).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Drs. Alpedi, M.Pd mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan Workshop Teater tersebut.

“Kegiatan ini sangat baik, untuk itu sangat mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan workshop teater. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat melestarikan kebudayaan tradisional yang ada di Kota Serang,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang Evie Shofiyah Usman, S.Pd., M.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pelatihan.

“Hari ini kami Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang melalui Bidang Kebudayaan melaksanakan kegiatan workshop teater. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk melatih para pelatih teater yang ada di Kota Serang, baik itu dari sanggar sekolah tingkat SD, SMP, SMA, perguruan tinggi, PKBM dan sanggar teater umum,” kata Evie.

Evie menambahkan dengan adanya kegiatan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan generasi muda di bidang teater.

“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan kegiatan workshop ini bisa menumbuhkan minat generasi muda yang berkemampuan di bidang teater untuk mengeksplor kemampuannya,” tambahnya.

Lebih lanjut, Evie juga menjelaskan bahwa melalui workshop teater ini bertujuan untuk melestarikan salah satu kesenian tradisional yang ada di Kota Serang.

“Mudah-mudahan dengan workshop teater ini ikut juga melestarikan kesenian dan teater tradisional yang ada di Kota Serang, salah satunya teater tradisional Ubrug,” jelasnya.

“Apalagi dalam workshop ini, kita juga menampilkan pertunjukan teater Ubrug yang dimainkan oleh Mahasiswa dari binaan Dinas Pendidikan Kota Serang. Mudah-mudahan dengan adanya pertujukan teater Ubrug ini para pelatih teater dapat termotivasi untuk bersama-sama mengembangkan teater tradisional kita,” imbuhnya.

Terakhir, Evie berharap dengan adanya workshop teater tersebut dapat mengembangkan kesenian tradisional yang ada di Kota Serang.

“Saya berharap melalui kegiatan workshop teater ini, para peserta yang hadir bisa mengaplikasikan ilmunya ke dunia nyata dan memanfaatkannya untuk pembelajaran. Serta bersama-sama mengembangkan kesenian teater tradisional kita,” harapnya.

Untuk diketahui, bahwa dalam workshop teater tersebut dihadiri narasumber yang memiliki pengetahuan di bidang teater. Diantaranya ialah Giri Mustika Roekmana, S.Sn., M.Sn yang merupakan Dosen Untirta, Parwa Rahayu, S.Sn dari Teater Agatha dan Tirrta Nugraha Pratama, S.Sn dari Studio Tata Artistik. (BP)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: