Stok Pertalite Sering Cepat Habis Warga Mengeluh

 

PANDEGLANG – Bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Pandeglang sering cepat habis.

Hal tersebut dikeluhkan salahsatu warga, Asep: “Ya, kalau mau beli bensin pertalite suka kehabisan. Terutama ketika sore mau beli pertalite ke Pom suka pada habis. Terpaksa harus beli pertamax,” keluh Asep, pengendara mobil, Selasa (15/3).

Dia meminta, pemerintah untuk turun tangan menangani ketersediaan stok pertalite. Sebab, pembelian BBM jenis pertamax harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan harga pertalite yang relatif murah.

“Kami berharap agar stok pertalite bisa lebih banyak, karena kan harga pertalite mah murah. Sementara harga pertamax mahal,” ujarnya.

Jamal warga lainnya menuturkan, ketersediaan pertalite di SPBU sering mengalami kekosongan.

“Betul bensin jenis pertalite di pom suka habis, gak tahu kenapa saya juga bingung,” ungkapnya keheranan.

Terpisah, penanggung jawab harian SPBU Sodong, Kecamatan Saketi, Jaja Sukmawiharja mengatakan, ketersediaan BBM jenis pertalite sering habis akibat adanya pengurangan pengiriman.

“Untuk stok pertalite sering banyak kehabisan karena pengirimannya dibatasi oleh SPBU. Yang tadinya 12 KL atau kiloliter, sekarang hanya 8 KL. Jadi kalau kita tutup, berarti stok pertalite sudah habis,” terang Jaja.

Dikatakannya, untuk pengiriman BBM jenis pertalite dan solar ada jadwalnya. Namun masing-masing SPBU memiliki kuota pengiriman BBM yang berbeda.

“Yang pertama pengirimannya yang lambat, dan ada sistem pengiriman yang dijadwal. Jadi per 1 Maret 2022 pertalite dan solar pengirimannya digilir. Tapi masing-masing SPBU kuotanya beda-beda, ada yang banyak dan ada yang pengurangan penjualan beberapa bulan sebelumnya,” katanya.

Jaja memastikan, untuk harga pertalite masih normal tidak ada kenaikan.

“Untuk harga pertalite tidak ada kenaikan masih normal Rp7.650 per liter. Baru-baru yang harganya naik sekarang pertamax turbo, dexlite, dan pertamina dex, dan sudah dua kali naik,” pungkasnya. (JDN*)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: