SMA Negeri 1 Cikande Gelar Pesantren Kilat

SERANG, (haluanbanten.co.id) – Sejumlah sekolah di Provinsi Banten, memanfaatkan momentum Ramadhan dengan menggelar pesantren kilat. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan mengenai agama kepada siswa dan siswinya.

Agenda ini salah satunya di laksanakan di SMA Negeri 1 Cikande Kabupaten Serang Banten. Kepala SMAN 1 Cikande Mulyadi, S.Pd menjelaskan, pelaksanaan pesantren kilat di SMAN 1 Cikande di laksanakan mulai tanggal 18 s/d 21 April 2022 di Masjid SMAN 1 Cikande, peserta siswa kelas X dan XI, Panitia Rohis SMAN 1 Cikande. Ramadhan merupakan hal positif, terutama dalam memberikan bekal pengetahuan agama Islam kepada para peserta didik Pesantren Ramadhan 1443 H.

Hikmah Pesantren Kilat:

Mendekatkan diri kepada Allah SWT (Taqqorub Ilalloh), Memperdalam ilmu agama, Memperbaiki diri, Memperbaiki akhlaq, Mengoptimalkan ibadah puasa, dan Mengharap ridho Allah SWT.

“Bahkan, kesan spritual yang tumbuh pada anak saat mengikuti Pesantren Kilat terutama di Ramadhan ini akan tertanam di jiwa mereka,” ujar Mulyadi seperti dilansir haluanbanten.co.id, Selasa (19/4/2022).

Mulyadi mengatakan, pesantren kilat tersebut akan diikuti siswa-siswi dari kelas X dan XI.

“Kegiatan pesanten kilat itu dilakukan oleh Rohis dan guru mata pelajaran agama Islam,” ujarnya.

Mulyadi berharap, pelaksanaan Pesantren Kilat tidak hanya dalam kerangka teori saja, tetapi juga teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari para siswa.

“Misalnya, setelah selesai pesantren kilat, sekolah rutin menggelar salat berjamaah. Kemudian, melibatkan para siswa untuk melakukan kegiatan bakti sosial dan lainnya,” imbuh Mulyadi.

Bahkan wujud tercipta ya toleransi SMAN 1 Cikande juga menfasilitasi pembinaan rohani siswa non Muslim. Sementara siswa muslim kegiatan sanlat, siswa non muslim juga mengadakan pembinaan rohani di bawah bimbingan pembina Rohani Kristus (Rokris) oleh Aena Sari, S.Th. (JON)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: