Ada 6 Cara Efektif Untuk Meningkatkan Kinerja Otak

Haluan Banten – Anda pasti pernah mendengar pepatah Latin yang berbunyi Men sana in corpore sano atau di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang kuat (healthy mind in healthy body).

Atau, pepatah dari filsuf terkenal Rene Descarte, Cogito ergo sum alias aku berpikir maka aku ada.
Dua pepatah itu, bagaimanapun juga, menggambarkan bahwa selain membutuhkan tubuh yang sehat, manusia juga memerlukan otak yang mumpuni.

Otak merupakan pusat kendali gerak dan laku kita. Bahkan, gerakan yang disebut spontan sekalipun sebenarnya berasal dari perintah otak.

Otak memiliki beberapa bagian dan tiap bagiannya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di sanalah keterampilan kita berproses dan terbentuk.

Kabar baiknya, bagian-bagian otak itu bisa dilatih dengan cara yang sederhana seperti yang ada di bawah ini.

Hasil yang akan Anda dapat, beragam kemampuan Anda akan berkembang, bukan hanya kemampuan kognitif tapi juga kemampuan fisik.

1. Kecerdasan berbahasa

Lokasi otak: Hemisfer kiri (kebalikannya pada orang kidal)
Cara kerja: meningkatkan kemampuan bahasa hingga sampai ke tingkat seni seperti kemampuan membuat dan mengapresiasi puisi, kemampuan menulis dan bicara di depan publik.
Cara meningkatkannya: Banyak membaca, melakukan permainan kata-kata dan kosa kata.

2. Kecerdasan logis-matematis

Lokasi otak: Depan dan lobus parietal
Cara kerja: Mengumpulkan dan mengonsolidasikan informasi dengan cepat. Para ilmuwan, insinyur, ahli statistik adalah orang-orang yang otak depan dan lobus parietalnya aktif dan terlatih.
Cara meningkatkannya: Latihan berhitung di luar kepala (tidak menggunakan kalkulator).

3. Keterampilan Tata Ruang

Lokasi otak: belahan kanan
Cara kerja: Membayangkan bentuk di dalam otak, “memanipulasi” benda dan bentuk. Contoh profesi yang aktif menggunakan otak belahan kanan adalah pilot, arsitek dan pembuat peta.
Cara meningkatkannya: Bermain catur, teka-teki, jigsaw dan origami.

4. Kemampuan interpesonal

Lokasi otak: lobus depan
Cara kerja: Membaca karakter, emosi dan keinginan orang lain. Profesi yang banyak menuntut penggunaan lobus depan adalah tenaga penjualan, guru, manajer, motivator.
Cara meningkatkannya: Aktif bicara di depan orang lain, kemudian evaluasi reaksi mereka terhadp kata-kata, bahasa tubuh dan suara Anda. Untuk memupuk keberanian, Anda bisa berlatih terlebih dulu di depan cermin.

5. Kecerdasan bermusik

Lokasi otak: belahan kanan (kebalikannya pada orang-orang kidal)
Cara kerja: Mengenali dan mengingat tempo, melodi dan irama. Komposer dan musisi adalah orang-orang yang banyak bekerja dengan otak belahan kanan.
Cara meningkatkannya: Mendengarkan beragam jenis musik termasuk yang terdengar asing bagi Anda.

6. Keterampilan fisik

Lokasi otak: motor cortex
Apa yang mereka lakukan: Mengoordinasikan antara apa yang tergambar di otak ke dalam gerakan. Contoh profesi yang menuntut keterampilan fisik di atas rata-rata adalah atlet dan penari.
Cara meningkatkannya: Berolahraga secara individu atau bergabung dengan tim olahraga.(irna)

sumber :Tribunnews.com

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *