Partai Golkar Papua diminta dorong Yansen Tinal jadi Wakil Gubernur

Keluarga besar dari almarhum Klemen Tinal (Wagub Papua yang meninggal beberapa bulan lalu), Jumat (19/11/2021) di Kota Jayapura menyampaikan sikap agar DPD Golkar Papua mendorong Fernando A Yansen Tinal untuk direkomendasikan DPP Golkar menjadi Wagub Papua (Foto: Istimewa)

Jayapura – haluanbanten co.id
Keluarga besar dari almarhum Klemen Tinal, Wakil Gubernur (Wagub) Papua periode 2018-2023 yang meninggal dunia beberapa bulan lalu mendatangi Kantor DPD I Partai Golkar Provinsi Papua di Kota Jayapura, Jumat (19/11/2021) untuk menyampaikan sikap agar kader Golkar Fernando A Yansen Tinal direkomendasikan menjadi Wagub Papua.
Dalam pertemuan di kantor DPD Partai Golkar Papua, Bert Murib mewakili orangtua almarhum menyatakan, DPP Partai Golkar di Jakarta harus konsisten dan secepatnya mengeluarkan rekomendasi kepada kader partai yang sudah siap menjadi Wagub Papua, yaitu Yansen Tinal.
Menurut Bert Murib, Yansen Tinal layak menjadi Wagub Papua dengan pertimbangan saat ini yang bersangkutan sedang menjabat sebagai Ketua Harian di DPD I Partai Golkar Papua serta menduduki posisi sebagai Ketua Fraksi Golkar dan Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Papua, selain juga sebagai adik kandung dari almarhum Klemen Tinal.
Hal senada disampaikan oleh Pipina Wonda, anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) dari Lapago dengan mengatakan bahwa kursi Wagub sejatinya adalah milik keluarga Tinal, sebab untuk menjadi Wagub tidak gampang dan penuh pengorbanan, sehingga DPP Partai Golkar harus menghargai keluarga almarhum Tinal.
Sementara itu Wakil Ketua Kepala Suku Besar Wilayah Adat Lapago Provinsi Papua Yunis Labene mengatakan, kursi Wagub Papua saat ini adalah milik putera terbaik dari wilayah adat Lapago dan Mepago, sehingga Partai Golkar perlu segera memberikan rekomendasi kepada Yansen Tinal untuk posisi Wagub Papua.
“Saya sebagai cucu dari pejuang Pepera meminta DPP Golkar merestui Yansen Tinal untuk mendampingi Bapak Lukas Enembe, Gubernur Papua pada sisa masa jabatan Wakil Gubernur yang ditinggalkan oleh almarhum Klemen Tinal,” katanya.
Pada kesempatan yang sama, Agus Kora sebagai adik dari alarhum Klemen Tinal membacakan pernyataan sikap dan menyerahkan surat pernyataan tersebut kepada Pimpinan Partai Golkar DPD I Papua dan diterima oleh Tan Wie Long selaku Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Provinsi Papua yang didampingi pengurus lainnya.
Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Provinsi Papua menyatakan, pernyataan sikap keluarga almarhum Klemen Tinal itu akan disampaikan kepada Plt. Ketua DPD dan Ketua Harian DPD Partai Golkar Provinsi Papua.
“Pernyataan sikap ini kemudian akan disampaikan ke DPP Partai Golkar di Jakarta melalui Plt. Ketua DPD Provinsi Papua, sebab ini adalah aspirasi yang perlu kita lanjutkan ke Pusat,” katanya.
Pada bagian lain, Agus Kora menambahkan bahwa keluarga besar almarhum Klemen Tinal juga mengharapkan DPP Partai Golkar segera membatalkan rekomendasi yang mengusulkan calon Wagub Papua atas nama Paulus Waterpauw dan John Tabo.
Alasannya, Paulus Waterpauw telah dilantik menjadi Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dan Jhon Tabo telah dilantik sebagai Bupati Memberamo Raya.
Beberapa hari yang lalu pernyataan sikap keluarga besar almarhum Klemen Tinal itu juga sudah diserahkan kepada Gubernur Papua melalui Staf Ahli Gubernur Bidang Otonomi Khusus Provinsi Papua,, Hosea Murib.
Ketika itu, mewakili Gubernur Papua, Hosea Murib mengemukakan bahwa aspirasi yang disampaikan oleh keluarga almarhum Klemen Tinal sudah diterima serta akan diteruskan dan disampaikan kepada Gubernur Papua.(red)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: