Nikmati 4 Keunggulan TV Digital, Salah Satunya Menonton Tanpa Bayar Bulanan

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan, penghentian siaran Televisi (TV) analog atau peralihan ke siaran digital analog Switch-Off atau ASO dilakukan dengan sejumlah alasan, salah satunya demi efisiensi frekuensi.

Efisiensi frekuensi itu diperlukan, mengingat selama ini masing-masing siaran Televisi menggunakan satu frekuensi, sehingga frekuensi yang merupakan sumber daya teknologi menjadi sangat terbatas.

Hal tersebut disampaikan Staf khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti beberapa waktu lalu. “Peralihan dari TV analog ke digital juga mesti dilakukan, karena untuk kepentingan Teknologi 4G dan early warning system atau peringatan dini bencana, dengan begitu setidaknya masyarakat dapat mengetahui informasi serentak jika ada bencana terjadi,” ucap Niken.

“Selain itu, migrasi TV digital merupakan salah satu langkah perwujudan transformasi digital Indonesia. Sehingga secara bertahap siaran televisi nasional yang menggunakan teknologi TV analog akan dihentikan dan beralih ke siaran TV digital,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Penyiaran Kementerian Komunikasi dan Informatika Geryantika Kurnia menuturkan beralih ke siaran TV digital membawa banyak keuntungan.

Setidaknya ada empat keunggulan TV digital dibandingkan TV analog, dilansir dari tvdigitalindonesia.com

1. Gratis Selamanya

Karena Sifatnya yang Free to Air, sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya bulanan hanya untuk menonton TV.

meskipun begitu anda tetap menerima kualitas gambar yang jernih seperti saat anda menyaksikan TV berlangganan.

2. Fitur Beragam

Anda juga bisa mendapat fitur tambahan seperti EPG (Electronic Program Guide) untuk mengetahui acara-acara yang telah dan akan ditayangkan kemudian.

Dengan kemampuan Set Top Box, anda juga bisa menyaksikan film, melihat foto dab mendengarkan musik di flashdisk/ hardisk portabel.

Bahkan anda juga bisa merekam program tv favorit anda ke flash disk/hardisk portabel.

3. Tanpa Parabola

Penyiaran televisi digital terrestrial adalah penyiaran yang menggunakan frekuensi radio VHF / UHF seperti halnya penyiaran analog, akan tetapi dengan format konten yang sudah digital.

Jadi, pemirsa cukup menggunakan antena UHF ditambah Set Top Box sebagai alat penerima siaran TV digital.

4. Gambar Jernih

Dengan menyaksikan siaran TV digital, kualitas gambar dan suara yang akan diterima pemirsa menjadi jauh lebih baik dibandingkan siaran analog.

Di mana tidak ada lagi gambar yang bersemut/berbayang atau segala bentuk noise (bintik-bintik semut) pada monitor TV.

Ditegaskan kembali, siaran TV digital bukan streaming internet serta bukan pula televisi berlangganan yang menggunakan satelit atau kabel.

Segera beralih ke siaran TV digital. tidak perlu kuota internet atau biaya langganan untuk menontonnya.

Untuk diketahui, bahwa pemerintah melalui Kominfo akan menghentikan siaran Televisi analog secara total paling lambat 2 November 2022 yang akan datang.

 

#ASO #analogswitchoff #TVdigital #siarandigitalindonesia #ASO2022

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: