Rektor Unsera: Kuliah Kerja Mahasiswa Membawa Manfaat Bagi Masyarakat

SERANG, (Haluanbanten.co.id) – Universitas Serang Raya (Unsera) menggelar KKM Fair Unsera 2024 sekaligus Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senama) dengan tema, “Peran Perguruan Tinggi sebagai Katalisator Pembangunan Desa”.

Acara ini menjadi panggung bagi mahasiswa Unsera untuk mempresentasikan ide dan proyek inovatif mereka dalam mendukung pembangunan desa khusunya di Banten. Seminar nasional diikuti 850 mahasiswa dari berbagai jurusan.

Dalam sambutannya, Rektor Unsera Abdul Malik mengungkapkan bahwa kehadiran Unsera dalam kegiatan KKM membawa manfaat bagi masyarakat. “Inilah peran aktivis sesungguhnya. Terimakasih sudah mau mengabdi dan berkarya di tengah-tengah masyarakat, harapannya program ini dapat berlanjut melalui kolaborasi dan elaborasi,” ujar Abdul Malik saat saat membuka acara secara resmi.

Kelompok KKM yang terdiri dari berbagai jurusan terlibat dalam KKM Fair kali ini, menampilkan berbagai proyek yang mencerminkan kreativitas, inovasi, dan ketekunan mereka dalam mengembangkan potensi desa. Proyek-proyek ini mencakup berbagai bidang, mulai dari pertanian dan kerajinan lokal hingga teknologi informasi dan pemasaran digital.

Tak kalah menarik dari KKM Fair, pada waktu yang bersamaan Unsera mengadakan Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (Senama). Dengan menghadirkan beberapa pembicara, diantaranya Rektor Unsera Dr. H. Abdul Malik, M.Si, Akademisi Ekonomi Syariah Dr. H. M. Kamil Husain, Lc., M.S.I, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten Dr. Irwan Hermawan, MM, dan Retno Khoirunnisa sebagai Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten.

Di hadapan ratusan mahasiswa, Irwan menyampaikan materinya terkait kebijakan Provinsi Banten dalam mendukung Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri (P3DN). Dilanjut oleh Retno mewakili Kantor Bank Indonesia menyampaikan materi terkait Inovasi Transaksi Keuangan UMKM dengan QRIS. Ditutup dengan Penyampaian materi oleh Kamil Husain terkait peningkatan usaha masyarakat melalui pemberdayaan zakat produktif.

Dalam acara ini Unsera juga mengapresiasi dedikasi dan semangat mahasiswa dalam KKM tahun ini, diumumkan pemenang untuk tiga kategori utama, yaitu Video Terbaik diraih oleh kelompok KKM 28, Instagram Terbaik diraih oleh kelompok KKM 9, dan Stand Terbaik diraih oleh kelompok KKM 21.

KKM Fair Unsera tahun ini tidak hanya menjadi ajang untuk memamerkan hasil-hasil karya mahasiswa, tetapi juga menjadi momentum untuk memperkuat sinergi antara perguruan tinggi, pemerintah, industri, dan masyarakat sebagai Kasalisator Pembangunan Desa.

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *