Wagub Warning OPD Soal Banten Lama 

SERANG, Haluan Banten – Wakil Gubernur Banten memperingatkan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Banten agar serius terkait revitalisasi kawasan Banten Lama. Kesriusan dimaksud diantaranya ditunjukkan dengan mulai dilakukannya penganggaran oleh setiap OPD untuk bantuan revitalisasi Banten Lama pada APBD 2017 Perubahan yang pelaksanaan anggarannya akan dilakukan sekitar Oktober mendatang.
“Saya minta semua OPD terkait sudah punya anggaran untuk Banten Lama di perubahan (APBD-P 2017) ini. Dinas PUPR (pekerjaan umum dan pemukiman rakyat), dinas pariwisata, dinas dikbud (pendidikan dan kebudayaan), dinsos (dinas sosial), atau OPD lainnya yang terkait, saya minta (penganggaran di APBD-P 2017) ini dilakukan,” kata Wagub Andika usai memimpin rapat lanjutan terkait revitalisasi Banten Lama dengan OPD Pemprov Banten di ruang transit Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang, Kamis (3/8). Rapat dihadiri Sekda Banten Ranta Suharta, Asda III Syamsir dan sejumlah Kepala OPD terkait.
Dikatakannya, dirinya dan Gubernur Banten Wahidin Halim, ingin pekerjaan-pekerjaan atau program Pemprov Banten terkait revitalisasi Banten Lama sudah bisa dieksekusi dalam waktu dekat ini. Hal tersebut diharap bisa menjadi dorongan serius kepada stake holder terkait di luar Pemprov Banten, seperti kepada Pemkot Serang, Kabupaten Serang dan pemerintah pusat, untuk melakukan hal yang sama. “Intinya saya dan Pak Gubernur ingin agar revitalisasi Banten Lama bisa segera action di perubahan (APBD-P 2017),” imbuhnya.
Peringatan lebih jauh juga dilontarkan Andika kepada OPD dalam rapat tersebut. Yakni menyangkut, kembali kumuhnya kawasan Banten Lama pasca dilakukannya kegiatan bersih-bersih secara masal di kawasan Banten Lama dan sejumlah titik di Kota Serang, yang disebut Banten Bebersih, beberapa waktu lalu. “Saya liat belum ada perubahan di sana setelah kegiatan kemarin itu. Masih kumuh. Saya ingin agar di sana terus dipantau, supaya apa yang kita lakukan kemarin tidak sia-sia,” kata Andika.
Pada kesempatan tersebut, Andika  juga meminta agar OPD melakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungannya secara berkala. “Bisa setiap bulan atau setiap minggu. Selain memang menjaga kebersihan, keindahan dan kerapihan juga ini agar semangat Banten Bebersih kemarin untuk menjadikan Banten lebih baik dengan momentum revitalisasi Banten Lama itu bisa terus berkobar, atau tidak meredup seperti sekarang,” kata Andika.
Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Hadi Suryadi, mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan betonisasi sejumlah ruas jalan akses kawasan Banten Lama. “ Lopang-Banten Lama (Kota Serang), Pontang-Banten Lama (Kabupaten Serang), Kramatwatu-Banten Lama (Kabupaten Serang), itu target selesai tahun ini. Nanti juga ada pembebasan lahan jalan-jalan kecil menuju kawasan Banten Lama,” kata Hadi.(hms/tarigan)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *