Guna Memenuhi Kebutuhan Pasokan Listrik, 2 PLTB Akan Dibangun di Pandeglang

Haluan Pandeglang – Sebanyak 2 Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) akan dibangun di Pandeglang guna mendukung Program Pemerintah Pusat untuk membangun pembangkit listrik yang mencapai 35000 Megawatt hingga tahun 2019.

 

Program 35 ribu MW ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Hal ini tentu akan berdampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di beberapa daerah yang sebelumnya kekurangan pasokan listrik.

 

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban mengatakan, dua PLTB tersebut rencananya akan dibangun di wilayah Pandeglang bagian selatan, yakni di Kecamatan Panimbang dan Kecamatan Cikeusik.

 

“Kedua PLTB ini, proyek yang dimiliki swasta atau dalam bentuk Independent Power Plant (IPP). Tapi, tetap mendukung rencana pembanguan 2 PLTB itu,” tuturnya.

 

Ia menambahkan, pihak swasta kesulitan dalam membawa peralatan PLTB ke Pandeglang mengingat tiang dan baling-baling PLTB memiliki ukuran yang sangat panjang.

 

“Kami merekomendasikan peralatan PLTB tersebut dibawa menggunakan jalur laut dan tidak direkomendasikan dibawa melalui jalur darat karena akan terganggu dengan kondisi infrastruktur jalan tidak memadai,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, pembangungan PLTB rencananya akan dilakukan oleh investor asing, yakni investor dari Jepang dan Investor dari Amerika. Hanya saja, untuk waktu mulai pembangunan belum ada kepastian karena harus menunggu rekomendasi dari PLN Pusat.(Yusuf)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *