Promosikan Brand Lokal, Wagub Banten Pakai Sepatu Buatan Kota Serang di ICCF Riau

 

PEKANBARU – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy memenuhi jadwalnya sebagai pembicara pada sesi Creative Leader Forum yang digelar oleh Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dalam ajang Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2021 di Pekanbaru, Riau, Sabtu (27/11). Andika menjadikan ajang tersebut  sebagai sarana promosi potensi ekonomi kreatif Banten. Tampak Andika mengenakan sepatu dari merk (brand) lokal Banten yang merupakan buatan pelaku ekonomi kreatif di Kota Serang, Getzke.

“Sepatu yang saya kenakan ini, Getzke. Ini adalah brand lokal Banten, buatan pelaku ekonomi kreatif di Kota Serang, Ibukota Provinsi Banten,” kata Andika dari atas podium seraya menunjuk ke kedua kakinya yang mengenakan sepatu bermerek Getzke.

Menurut Andika yang tampil semi formal dengan atasan kemeja batik biru tua dipadu dengan bawahan celana denim berwarna gelap, produk ekonomi kreatif Banten telah banyak yang berhasil menembus pasar internasional, seperti Singapore, Malaysia, Korea hingga Arab Saudi. “Produk lokal Banten, kalau dilihat dari desain dan kualitasnya bersaing dengan produk ternama, artinya industri kreatif Banten memiliki potensi yang luar biasa,” ujar Andika.

Saat ini, lanjut Andika, ekonomi kreatif Banten memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Hal itu berdasarkan data Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yang menunjukkan bahwa Banten merupakan pengekspor ekonomi kreatif ketiga terbesar nasional setelah Jawa Barat dan Jawa Timur. “Khususnya pada sub sektor fashion, kuliner dan kerajinan tangan atau kriya,” lanjutnya.

Menurut Andika, di Banten saat ini juga telah terbentuk berbagai forum ekonomi kreatif seperti Maket atau Masyarakat Ekonomi Kreatif Tangsel, Studio Kreatif Tangsel, hingga yang baru dikukuhkan pembentukannya baru-baru ini yaitu Forum Ekonomi Kreatif Banten. “Pada momentum baik ini, saya berharap agar ICCN menjadikan Fekraf Banten sebagai bagian dari jejaring ICCN sehingga kami bisa banyak belajar dari konsep-konsep, jejaring dan implementasinya,” imbuhnya.

Lebih jauh Andika berharap dengan keberadaan komunitas ekonomi kreatif di Banten akan terjalin kolaborasi hexa helix yaitu terwujudnya ekosistem ekonomi kreatif dari enam elemen mulai dari pemerintah, akademisi/perguruan tinggi, komunitas, sektor bisnis, institusi finansial dan media massa.

Untuk diketahui, selain Andika, sejumlah kepala daerah provinsi juga dijadwalkan berbicara di sesi Creative Leader Forum ICCF 2021 Riau tersebut. Mereka di antaranya adalah Gubernur Riau Syamsuar, dan Wagub Jatim Emil Dardak. Adapun kepala daerah Kabupaten/Kota yang dijadwalkan di antaranya adalah Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Walikota  Ternate Tauhid Soloman, Walikota Kendari Sulkarnain, Walikota Padang Hendi Septa, dan Walikota Padang Panjang Fadly Amran.

ICCF 2021 itu sendiri sendiri dibuka sehari sebelumnya oleh Menteri BUMN Erick Tohir. Selain dihadiri Ketua ICCN TB Fiki Satari, juga tampak hadir Staf Khusus Presiden RI Putri Tanjung.(red)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: