Polda Banten Terima Kunjungan Kerja Kompolnas Dalam Rangka Optimalisasi Peran Satker Binmas

 

Serang-Polda Banten menerima kunjungan dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) dalam rangka optimalisasi peran Satuan Kerja (Satker) Binmas dalam implementasi tugas preemtif yang dilaksanakan di Rupatama Polda Banten pada Kamis (24/03).

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Dr. Rudy Heriyanto, Komisioner Kompolnas dari unsur Pakar Kepolisian Irjen Pol (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, Pejabat Utama Polda Banten, Kapolres dan Kasat Binmas jajaran.

Dalam sambutannya Rudy memaparkan program yang dijalankannya selama menjabat menjadi Kapolda Banten. “Saya membuat Program Pendekar Banten yang sesuai dengan lingkungan, kultur dan budaya masyarakat Banten. Pendekar Banten merupakan singkatan dari Polisi yang Empati, Mengayomi dan Dekat dengan Rakyat Banten,” ujar Rudy.

Rudy kemudian menambahkan, “Dalam Program Pendekar Banten ada 12 Commander Wish Kapolda Banten, pertama yaitu Ngaji Bareng Kapolda, kedua Rukun Ulama Umaro, ketiga Yuk ngopi wae, keempat Subuhan keliling, kelima Saba Pesantren, keenam Sowan Sesepuh, ke tujuh Ronda Siskamling, ke delapan Guyub TNI-Polri, kesembilan Sinergi 3 Pilar, sepuluh Warung Jum’at, sebelas Polisi sayang anak yatim, dan yang terakhir ke dua belas penguatan manajemen media,” tambahnya.

Rudy menjelaskan bahwa Program Pendekar Banten tersebut merupakan implementasi dari kegiatan preemtif dan preventif yang berbasis pada kearifan lokal.

Sementara itu, dalam kesempatannya Pudji Hartanto Iskandar mengungkapkan kunjungannya kali ini di Polda Banten dalam rangka optimalisasi peran Satker Binmas dalam implementasi tugas preemtif. “Dalam kunjungan kali ini di Polda Banten saya akan menyampaikan terkait optimalisasi peran Bhabinkamtibmas dalam mengimplementasi tugas preemtif di masyarakat,” kata Pudji.

“Fungsi Binmas sendiri merupakan alat pengendali, penggerak dan pemberdaya masyarakat dalam mewujudkan keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat, sehingga optimalisasi fungsi Bhabinkamtibmas di dalam tugas preemtif lapangan sangat diperlukan,” jelas Pudji.

Diakhir, Pudji juga mengapresiasi Program Pendekar Banten dan Commander Wish Kapolda Banten serta mengungkapkan harapannya. “Kebijakan Kapolda Banten dengan Pendekar Banten dan 12 Commander Wish sungguh luar biasa,” ucapnya.

“Terakhir saya berharap dengan kegiatan ini akan diperoleh data serta kajian berdasarkan analisis empirik maupun teoritis mengenai optimalisasi peran Satker Binmas dilaksanakan dengan baik atas dasar kebijakan pimpinan Polri,” tutup Pudji. (Bidhumas)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: