Sanggar Batik Krakatoa Cilegon Memperdayakan Masyarakat Sekitar

CILEGON Haluan Banten – Berawal dari hobi memakai Batik berdirilah ” Sanggar Batik Krakatoa”. Bertempat di Lingkungan Kadipaten RT 06/02 Kelurahan Kedaleman Kecamatan Cibeber Kota Cilegon, Banten.

Putra asli keturunan Cilegon H. Heldy Agustian tertarik mengembangkan Batik, sekaligus menciptakan Lapangan Kerja bagi masyarakat sekitar didukung sang Istri Hany Seviatry juga memiliki minat besar untuk membuka usaha Batik karena Sosok seorang Istri masi keturunan Jawa Solo, Jawa Tengah berkat minat yang besar dan kuat maka berdirilah “Sanggar Batik Krakatoa Cilegon”.

Batik Krakatoa Cilegon di Launching Empat (4) Tahun lalu, hari Sabtu 22 Februari 2014 bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN) bersamaan di adakan Lomba Mencanting Wartawan yang bertugas di Kota Cilegon.

Nama Batik Krakatoa Cilegon di ambil dari nama Gunung Krakatau yang terletak di Selat Sunda, berharap Batik Krakatoa dapat di gunakan dan menjadi kebanggaan masyarakat Kota Cilegon dan Banten, kini Sanggar Batik Krakatoa memperdayakan 25 Orang Karyawan dan tenaga Ahli membatik dari Cirebon.

Tahap awal Sanggar Batik Krakatoa Cilegon bekerjasama dengan Yayasan Suara Kita membekali Ibu RumaTangga dan Anak putus Sekolah di Lingkungan sekitar dengan memberi Pelatihan mencanting, harapan Sanggar Batik Krakatoa adalah terciptanya Kelompok pembatik berbasis Kampung di wilayah Kecamatan Cibeber sebagai Sentra Batik di Kota Cilegon.

Hal yang lebih bernilai didirikannya Sanggar Batik Krakatoa adalah twmpat berEdukasi bagi anak sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bahkan anak Sekolah Dasar (SD) dan lanjutan di Kota Cilegon.

Dengan tujuan memperdayakan masyarakat sekitar Sanggar Batik Krakatoa kini telah memproduksi bermacam- macam Motif Batik Cap di antaranya, Motif Masjid Agung Cilegon, Pelabuhan Merak, Cilegon Kota Mandiri, Menara Banten, Badak, Gunung Krakatau, Rampak Beduk, Bocah Ngaji, Sate Bandeng, Bandrong Lesung, Paku Banten, Emping, Sate Bebek Cibeber dan masih banyak Motif lainya yang berciri Khas Kota Cilegon dan Banten.

“Owner Sanggar Batik Krakatoa Cilegon Hany Seviatry berkeinginan Batik Krakatoa di jadikan untuk Oleh- Oleh atau Cendramata Khas Cilegon dan bagi yang berminat silakan Hubungi Nomor Telepon: 087871005666; BBM 28D596A5; Twiter @batikkrakatoa atau buka di Wibsite kami www.batikkrakatoa.com” tambahnya (Ydn)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *