MoU UT-UPBJJ Serang Dengan DPW-PGMI Provinsi Banten

 

Serang (Haluan Banten), Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak jauh (UT-UPBJJ) Serang Lakukan MoU dengan Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI)Provinsi Banten, Jum’at (30/3).

Penandatanganan kerjasama antara UT-UPBJJ Serang dengan DPW PGMI dilaksanakan bersamaan dengan acara Rapat kerja wilayah II DPW – PGMI Provinsi Banten di sebuah Hotel di kawasan Anyer Serang Banten.

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara UT Serang dengan PGMI Banten bertujuan untuk menunjang pengembangan dan peningkatan Kualitas Sumberdaya Manusia, khususnya melalui pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh.

Hadir dalam acara tersebut Rektor UT Prof.Drs.Ojat Darojat,M.Bus.,Ph.D, Kepala UT Serang Dr.Maman Rumanta,M.si, Ketua Umum PGMI
Provinsi Banten Masyhudi,S.Ag.,M.Pd. Serta Seluruh perwakilan PGMI dari Kabupaten dan Kota di seluruh Banten.

Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Kepala UT Serang Dr.Maman Rumanta, M.si dan Ketua Umum PGMI Provinsi Banten Masyhudi, S.Ag., M.Pd.

Dalam Pemaparan tentang Program UT, Rektor UT Ojat Darojat mengatakan bahwa UT adalah Perguruan Tinggi Negeri ke – 45 di Indonesia yang didirikan pada tanggal 4 September 1984 Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.41 Tahun 1984, yang menerapkan sistem balajar terbuka dan jarak jauh.
Saat ini kata Ojat UT sudah tersebar di seluruh Indonesia dan di 33 Negara di Dunia, antara lain Yunani, Eropa, Afrika, Afrika Selatan dan terkosentrasi di Taiwan, Hongkong, Arab Saudi, Malaysia, Singapura dan Korea Selatan. UT merupakan Perguruan Tinggi yang sangat baik di Indonesia, katanya.

UT mengemban 3 Misi besar:
Yang Pertama: Memberikan Akses bagi Masyarakat untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi.
Yang Kedua: Meningkatkan Kompetensi dan Kualifikasi para Guru.
Yang Ketiga: Memberikan kesempatan kepada lulusan SLTA yang tidak tertampung di Perguruan Tinggi.
Saat ini UT sebuah Perguruan Tinggi Reguler sebagai Cyber Univercity yang melaksanakan dari mulai dari Administrasi sampai Ujian dilaksanakan secara Online. dan kami membantu bagi Guru-guru di daerah yang ingin melanjutkan kuliah dengan sistem jarak jauh, seperti Guru-guru di Pondok Pesantren dikarenakan tidak boleh meninggalkan Pesantrennya UT bisa hadir disana, mereka bisa sebagai basis Pokjanya, bagi Guru-guru Madrasah diberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi dengan biaya yang murah namun tidak murahan, papar Ojat.

Lebih lanjut Ojat menjelaskan tujuan dari MoU ini adalah suatu kesempatan bagi UT untuk membantu Pemerintah Banten dalam meningkatkan Kualifikasi para Guru.
“Kita melihatnya adalah sebagai suatu kesempatan bagi kita untuk membantu Pemerintah Provinsi Banten dalam rangka meningkatkan Kualifikasi pendidikan Para Guru yang mengabdi di Sekolah – sekolah mulai dari RA-Mts-MA, saya kira merupakan salah satu misi kami yang selama ini kami lakukan sejak Tahun 84 adalah meningkatkan mutu pendidikan para Guru di Indonesia. Dan ini merupakan salah satu Agenda bagaimana UT dapat berkontribusi terhadap Pemda Banten dalam rangka meningkatkan kualitas para Guru” jelasnya.

MoU baru partama di lakukan di Provinsi Banten oleh sebab itu Ojat berpesan kepada Para Guru yang selama ini mengabdikan diri di PGMI harus punya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan di Perguruan Tinggi, Pesannya.
“Saya kira dengan adanya MoU ini akan sangat terbuka koordinasi antara UT dengan PGMI bahkan kalau perlu bukan hanya para Gurunya saja, termasuk tenaga yang di Madrasah itu mereka juga punya kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang S1,S2 di UT bahkan tenaga Perpustakaan juga bisa masuk ke UT karena di UT ada S1 Pustakawan dan Kearsipan, terangnya.

Ditempat yang sama Kepala UT Serang Maman Rumanta mengatakan, MoU ini aksi nyata antara UT dan PGMI.
“Ini merupakan aksi nyata kita, karena kita telah melakukan beberapa kali pertemuan dengan PGMI dan sekarang kita lakukan Nota Kesepahaman dan kita akan sering lagi bertemu dengan mereka PGMI (Red) untuk merealisasikan apa yang telah kita sepakati bersama”,katanya.

Untuk merealisasikannya dimulai dari DPW PGMI sampai ke DPD PGMI, dan rencananya disetiap DPD akan membentuk Kelompok Belajar yang nantinya akan menjadi Partner dengan UT untuk menyelenggarakan Pendidikan, Pungkasnya.(Mr)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *