Jasa Raharja Banten Sosialisasi Keselamatan Penumpang Umum

SERANG, (haluanbanten.co.id) – Jasa Raharja Cabang Banten bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang, menggelar sosialisasi keselamatan angkutan penumpang umum. Kepada pengelola angkutan umum baik Angkutan Kota (Angkot) dan Perusahaan Otobus (PO), bertempat di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (23/11/2021).

Dalam sosialisasi atau temu wicara tersebut Jasa Raharja berkesempatan memaparkan prosedur pelayanan santunan termasuk mengenai hak-hak dan kewajiban angkutan penumpang umum. Agar penumpang yang mereka angkut dapat dilindungi oleh Jasa Raharja. Disampaikan juga bahwa Jasa Raharja dapat memberikan perlindungan terhadap para penumpang sepanjang telah memenuhi ketentuan yang berlaku.

Kepala Jasa Raharja Banten Dodi Apriansyah diwakili Kasubag SW dan Humas Romy Agus W mengatakan, kasus kecelakaan lalu lintas terjadi cukup banyak setiap tahunnya baik kasus ringan hingga berat. Menurut data kepolisian, terdapat beberapa faktor penyebab kecelakaan lalu lintas.Dia menyebut, faktor manusia menjadi salah satu faktor paling dominan penyebab terjadinya kecelakaan. Pengemudi kendaraan masih menjadi penyebab utama dari berbagai macam kecelakaan lalu lintas yang terjadi.
“Karena itu, Jasa Raharja selalu melaksanakan kegiatan semacam ini secara rutin yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para pemilik angkutan umum mengenai pentingnya keselamatan berlalu lintas,” katanya.

Menurutnya, dengan sosialisasi ini diharapkan dapat menekan angka kecelakaan Ialu lintas. “Para peserta yang pada saat ini berkesempatan mengikuti kegiatan ini diharapkan dapat menyampaikan kepada para supir atau pengemudi kendaraanya untuk selalu menaati aturan dalam berlalu lintas di jalan raya,” ujarnya.

Selain mendapatkan sosialisasi, para pemilik kendaraan angkutan kota dan pengusaha Perusahaan Otobus dan pemilik angkutan kota dapat berdiskusi langsung dengan narasumber terkait masalah atau hambatan dalam pelaksanaan implementasi tertib berlalu lintas.

“Kepada mereka dapat diberikan jalan keluar atau sekurang-kurangnya dapat  menjadi bahan masukan yang berguna bagi upaya perbaikan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dishub Kota Serang Heri Hadi mengatakan, lalu lintas di Kota Serang semakin tinggi sehingga rentan terjadinya kecelakaan. Nah, kelaikan sarana angkutan umum perlu disosialisasikan dalam rangka mengutamakan keselamatan penumpang. Jadi, dalam sosialisasi ini diberikan materi-materi yang berkaitan sarana dan prasarana, persyaratan yang harus dimiliki angkutan, kelengkapan surat – surat kendaraannya,” ujarnya.

Menurut dia, jumlah perusahaan yang bergerak di sektor angkutan umum di Kota Serang cukup banyak dan dengan adanya sosialisasi ini para pengusaha angkutan penumpang dibina dan diarahkan agar mengikuti ketentuan standar keselamatan sesuai dengan peraturan yang ada. “Kami akan atur trayeknya hingga agar teratur dan mencegah terjadinya kecelakaan,” katanya.

Ia mengakui regulasi terkait lalu lintas darat itu sudah ada dan keselamatan dijalan raya itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga menjadi tanggung jawab semua pihak sehingga perlu sosialisasi kelaikan sarana angkutannya.

Ditempat yang sama Kepala Bidang Angkutan Darat Dishub kota Serang, Sukanta menjelaskan, penyebab utama kecelakaan lalu lintas di darat pada umumnya disebabkan faktor kelalaian manusia yang selalu diawali dengan pelanggaran aturan.
“Artinya kalau tidak ada pelanggaran, tertib maka keselamatan bisa diraih semua pihak,” katanya.

Menurut dia, transportasi merupakan kebutuhan masyarakat, apalagi saat ini mobilitas masyarakat semakin tinggi sehingga rentan terjadinya kecelakaan.
“Oleh karena itu diperlukan kepedulian yang besar dari semua pihak agar masalah kecelakaan ini bisa dikurangi, kalaupun terjadi kecelakaan tidak sampai fatal,” katanya.(Mar)

Jasa Pembuatan Website

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: